Becnmarking SEI; Program Studi Ekonomi Syariah STAIN Bengkalis dengan FEBI UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Untuk Mewujudkan Akreditasi Unggul

Bengkalis, (Jum’at, 28 Juli 2023) – Ketua Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam STAIN Bengkalis beserta pengelola Program Studi Ekonomi Syariah melakukan becnmarking ke UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi pada Kamis, 27 Juli 2023. Acara ini dihadiri langsung oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi dan seluruh pengelola program studi.

Acara ini dilakukan guna meningkatkan mutu dan akreditasi program studi di bawah Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam STAIN Bengkalis, khususnya program studi Ekonomi Syariah untuk menjadi program studi Unggul. Dalam hal ini dibahas dan dilihat tentang bagaimana sistem pengajaran, penelitian dan pengabdian yang dilakukan oleh dosen UIN Sulthan Thaha Jambi.

Sistem pengajaran menjadi aspek penting dalam penilaian program studi sebab di sini hasil cetakan program studi bisa dinilai melalui kualitas mahasiswa dan lulusannya. Diantara kegiatan dalam acara becnmarking ini adalah pembahasan tentang perencanaan pembelajaran mulai dari penyusunan RPS, proses pembelajaran dan evaluasi, mapping rumpun ilmu yang terkait dengan core keilmuan masing-masing dosen dan pengembangan riset serta pengabdian dosen.

Dalam mempersiapkan akreditasi unggul, program studi juga harus mampu meningkan student mobility and student exchangenya, bukan hanya ditingkat lokal, tetapi juga ditingkat nasional bahkan internasional. Oleh karena itu, guna peningkatan pengelolaan dan manajemen dilakukan upaya-upaya becnmarking.

Acara becnmarking ini ditutup dengan penandatanganan Memorandum of Agreement (MOA) antara Wan Muhammad Fariq, Lc., M.Pd. Ketua Jurusan Syariah Ekonomi Islam STAIN Bengkalis dan Dr. AA Miftah, M.Ag., Dekan FEBI UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, dan juga antara Saifullah, S.E., M.E., Ketua Program Studi Ekonomi Syariah STAIN Bengkalis dan Dr. Usdeldi, S.E., M.AB., M.Si., Ak, CA, Asean CPA. Ketua Program Studi Ekonomi Syariah UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Adanya becnkmarking ini diharapkan ke depan Program Studi Ekonomi Syariah Jurusan SEI STAIN Bengkalis mampu meningkatkan pengelolaan dan manajemennya serta memperoleh nilai Unggul dalam re-akreditasi depan. [Admin]